Senin, 18 Juni 2012

Modifikasi Mitsubishi Grandis SQ : Luxurious Sound

Jakarta, BosMobil.com - Melihat tampilan luar mobil Mitsubishi Grandis ini terlihat standar pabrik apa adanya. Tetapi jika masuk ke dalam dan menikmati sistem audio yang tersaji, wuihh…suara mewah terpapar dari beragam perangkat audio high end.

Sugeng Adhi selaku owner Mitsubishi Grandis ini memang memiliki selera berkelas dalam menikmati musik. Oleh karena itu, Sugeng menyambangi Audio Plus untuk dilakukan modifikasi pada sistem audio bertaraf sound quality (SQ).





Seperti apakah modifikasi yang dilakukan pada sistem audio Mitsubishi Grandis berwarna hitam ini?

Full Peredam Agar Rigid

Langkah awal yaitu melucuti seluruh interior Mitsubishi Grandis ini untuk dilumuri peredam berlabel Crescendo. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir vibrasi yang ditimbulkan ketika sistem audio difungsikan, serta membuat rigid tiap perangkat yang bersemayam.





“Setiap sisi dilapisi peredam dengan beragam jumlah lembar. Seperti plafon dan pintu dilapisi sebanyak 3 lembar. Sedangkan lantai dan firewall atau dibalik dashboard dilapisi sebanyak 4 lembar,” papar Arief sebagai instalatur.




Pilar Berbahan Kevlar

Sementara sebagai tempat driver di pilar A, sang instalatur membuat dudukan custom dengan bahan kevlar. “Bahan kevlar serta aluminium adalah pilihan kami. Selain ringan, bahan ini membuat rigid dan kokoh untuk dudukan tweeter Micro Precision Z-Studio dan midrange Micro Precision Z-Studio 130F. Sedangkan arah on-axis untuk menciptakan staging dan imaging yang baik,” ucap Arief.





Selain tweeter dan midrange, midbass Micro Precision Z-Studio 170 juga mendapat perlakuan khusus, yaitu penempatan dibuat angling sedikit keluar dari panel pintu. “Sama seperti tweeter dan midrange, box untuk midbass menggunakan kevlar dan aluminium. Tujuannya sama, yaitu membuat rigid dan dapat menyemburkan suara yang solid,” ucap Arief.



Subwoofer 12 Inci Hanya 1 Unit

Meskipun menggunakan 1 unit subwoofer Crescendo Etude 5.12, namun suara yang dihasilkan harus solid. Caranya yaitu membuat box yang ideal.



“Jenisnya adalah sealed dengan volume sebesar 40 liter. Sedangkan bahannya, kami gunakan bahan kevlar sebanyak 10 lapis dan aluminium selebar 2 cm. Lalu di dalam box, kami tambahkan diffuser agar dapat memecah signal yang mengganggu,” ucap Arief.


Amplifier 4 Unit Dengan Pemasangan Bi-Amp

Suplay daya adalah hal yang mutlak. Makanya sang instalatur menyematkan 4 unit amplifier agar pembagian tenaga yang akurat.



“Genesis Project 15 sebanyak 2 unit untuk mensuplay tenaga ke tweeter dan midrange, lalu Genesis Dual Mono untuk mensuplay tenaga ke midbass, kemudian Genesis Monoblock untuk mensuplay tenaga ke subwoofer,” papar Arief.

Fine Tuning Agar Suara Koheren

Pengaturan akhir adalah hal yang harus dilakukan agar menghasilkan suara yang rata dan seimbang setiap frekuensinya. Kali ini, Arief melakukan pengaturan dengan 2 cara, yaitu aktif melalui processor The Beast serta pasif melalui crossover.



“Untuk midbass dan subwoofer menggunakan processor dengan pemotongan frekuensi pada 250 Hz slop 18 dB untuk midbass dan 63 Hz slop 18 dB untuk subwoofer. Sedangkan tweeter dan midrange melalui passive crossover dengan pemotongan frekuensi pada 315 Hz slop 18 dB,” ucap Arief.
Tes Kuping Menggunakan CD EMMA 2009/2010

Kurang sreg jika tidak menjajal sistem audio yang telah dibangun pada Mitsubishi Grandis kepunyaan Sugeng. Oleh karena itu, kami menggunakan CD EMMA 2009/2010 untuk menikmati hasil suara dengan pengujian semua track.



Luxurious Sound... Inilah yang bisa terucap. Sistem yang dimiliki memang mantap dan mewah. Tatanan detail suara setiap instrumen musik terdengar jernih dan rapih serta hadir di atas dashboard mobil dengan panggung yang lebar.

Data Modifikasi :
Head Unit McIntosh MX5000, Converter McIntosh MDA5000, CD Changer McIntosh CDA5000, Processor The Beast, Tweeter Micro Precision Z-Studio, Midrange Micro Precision Z-Studio 130F, Midbass Micro Precision Z-Studio 170, Subwoofer Crescendo Etude 5.12, Genesis Project 15 (2pcs), Genesis Dual Mono, Genesis Monoblock, Kabel RCA & Speaker Harmonic Harmony, Peredam Crescendo.

Tidak ada komentar: