Rabu, 20 Juni 2012

Metode Perawatan Mobil Yang Benar (dikumpulkan dari berbagai sumber)


Tujuan perawatan

Memiliki kendaraan di kota besar seperti Surabaya memang harus rajin-rajin merawatnya. Selain harus menahan deraan sinar Ultra Violet dari matahari, hujan asam, debu dan kotoran alami, sisa gas buang kendaraan dan deterjen juga dapat merusak cat kendaraan hingga tidak dapat lagi diperbaiki.

Perawatan yang baik dan tepat dapat bertahan hingga belasan tahun dan melampaui batas 300 ribu kilometer tanpa perlu mengecat ulang. Mobil yang terawat juga akan jauh lebih sedap dipandang, lebih membanggakan untuk dikemudikan dan meningkatkan nilai jual kendaraan hingga 20%
menurut survey market.



Pencucian yang benar

Kontaminasi alami seperti kotoran burung, tetesan air AC, air lumpur, getah pohon dan bangkai serangga dapat meninggalkan bekas permanen pada cat jika tidak segera dicuci. Tak hanya itu, kadar air PAM yang mengandung terlalu banyak kaporit, air hujan dengan tingkat keasaman tinggi, penggunaan air tanah untuk mencuci kendaraan atau cara pencucian yang salah juga memicu kerusakan permanen pada cat kendaraan.

Cara mencuci yang benar dapat membantu Anda menjaga kondisi cat kendaraan dan menghemat biaya perawatan (reconditioning) dari resiko pengecatan ulang (repainting).

Waktu pencucian

Sebelum pukul 8 pagi atau setelah pukul 5 sore adalah saat yang paling baik untuk mencuci. Pada saat inilah matahari tidak akan mengganggu proses cuci. Karena sinar matahari yang mengenai titik air dalam masa pencucian justru makin merusak cat dan menimbulkan jamur / kerak air.

Gunakan shampo

Penggunaan shampo yang benar sangat besar pengaruhnya untuk kondisi cat dalam jangka panjang. Gunakan shampo mobil ber-pH Balanced. Ciri khas shampo ber-pH Balanced adalah tidak mengandung deterjen. Penggunaan deterjen sebagai shampo mobil sangat merusak.

Shampo yang ber-pH terlalu rendah (kurang dari 6) bersifat asam dan mudah mengkorosi cat. Shampo yang ber-pH tinggi (lebih dari 8) bersifat basa dan akan mengakibatkan detergent film (detergent built-up) yang menyebabkan cat menjadi kusam dan pudar warnanya.

Urutan pencucian

Sebelum mulai mencuci dengan air, ada baiknya bila kendaraan dibersihkan dahulu dengan kemoceng berbulu halus (bulu domba / wool duster) agar partikel debu tidak dapat menggores permukaan mobil.

Jangan gunakan air timba untuk mencuci kain lap maupun untuk membilas mobil. Air PAM mengalir memperkecil adanya kemungkinan kotoran yang menempel pada kain lap dan menimbulkan baret. Selalu gunakan air PAM mengalir dengan nozzle (garden hose) untuk menyiram mobil atau membersihkan kain lap. Selain untuk penyaringan, nozzle juga memberi tekanan pada air sehingga kotoran lebih mudah turun.

Setelah penyiraman pertama selama kurang lebih 2 menit, ulangi lagi penyiraman dengan menggunakan kain plas chamois (kanebo) bersih untuk menyertainya dalam gerakan satu arah. Kemudian bersihkan dengan shampo dan bilaslah dengan air.

Keringkan mobil dengan kain plas chamois hingga kering. Untuk sisa noda air, gunakan kain berbahan micro fiber yang tidak menimbulkan baret di cat untuk mengeringkan mobil sampai benar-benar kering.

Glassing (Waxing)

Walaupun istilah umum yang dikenal masyarakat adalah waxing, hasil riset terakhir membuktikan bahwa wax yang mudah meleleh pada suhu tropis Indonesia justru mempermudah kotoran untuk menempel pada cat kendaraan. Wax bukanlah solusi perlindungan yang terbaik untuk lapisan cat.

Saat ini sudah ada beberapa bahan di pasaran yang bahan dasarnya lebih tahan terhadap panas dan pencucian berulang kali.

Cara pengaplikasian Glassing pada umumnya ialah dengan mengelapkan-nya ke body mobil dan kemudian dengan menggunakan kain bersih menggosoknya dalam gerakan melingkar. Selain dapat melindungi cat dari bahan2 kimia dan polusi, Glassing juga mampu mengkilapkan kembali cat kendaraan untuk sementara.

Untuk perawatan yang lebih baik, penggunaan Paint Protection dengan bahan yang lebih keras daripada cat dapat membantu banyak. PPS dengan Teflon tidak hanya memberi kilap “showroom” hingga 5 tahun, tapi juga melindunginya dari polutan, zat kimia dan sinar Ultra Violet.

Interior cleaning

Kebersihan interior sangat penting dalam berkendara. Interior yang kotor dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan membuat bau tidak sedap dalam mobil.

Yang paling sering terjadi adalah noda pada jok. Untuk jok kain, gunakan mesin vacuum cleaner kemudian baru menggunakan sikat dan sabun bayi untuk menggosok noda pelan2 hingga lenyap. Untuk jok dari kulit, gunakan obat leather cleaner atau yang dapat di-substitusi-kan dengan sabun bayi padat yang dicampur air hangat dan ditumbuk. Gunakan sikat yang halus dan gosoklah hati2 hingga noda lenyap.

Untuk karpet, ukur tingkat kelembabannya secara berkala. Untuk karpet yang lembab, sebaiknya dibongkar untuk diperiksa peredamnya. Untuk karpet berbahan wool, apabila lembab, segeralah jemur hingga kering sebab akan mudah menyimpan bakteri.

Yang terakhir adalah noda di langit2. Noda ini pada umumnya adalah efek dari debu dan noda yang tidak pernah dibersihkan selama bertahun-tahun. Sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus untuk mengangkat noda ini dan kemudian di lap dengan kain bersih.

Jangan lupa pembersihan dashboard dan setir. PPS Autoshine juga memberi bonus interior cleaning dan engine cleaning dengan paket paint protectionnya. PPS juga memiliki Vynil & Leather Protectant untuk melindungi jok kulit kendaraan dari matahari agar tetap lentur dan tidak mudah menyerap noda.

Pengecekan wiper

Setelah selesai dengan pembersihan kendaraan, ada baiknya juga bila wiper diperiksa sekalian. Wiper atau karet pembersih kaca yang sudah mengeras selain meninggalkan noda air di kaca yang berakibat jamur air, juga dapat menggores permukaan kaca yang tidak dapat diperbaiki tanpa mengganti dengan kaca baru.

Musim hujan

Beberapa hal yang sebaiknya diingat di musim hujan adalah
1. Selalu bersihkan kaca setelah terkena hujan (gunakan produk wiper fluid yang dibuat khusus untuk mobil supaya menghindari endapan deterjen dan water spot di kaca depan mobil).
2. Cuci mobil dalam 24 jam setelah terkena hujan.
3. Apabila tidak sempat cuci, buka kap mesin dan bagasi kendaraan agar air tidak cepat kering dan mudah mengalir turun.
4. Cucilah dengan steam (air bertekanan) seminggu sekali untuk membersihkan sisa kotoran di bagian2 yang sulit dijangkau.
5. Pastikan anti karat Anda (bila ada) telah di cek ulang ketahanannya.

Paint Protection

Peng-aplikasi-an paint protection tidak hanya mempermudah perawatan kendaraan, tapi juga dapat meningkatkan prestise berkendara, menjaga nilai jual / tukar kendaraan dan mencegah kontaminasi permanen yang hanya dapat diperbaiki melalui oversped (repainting). Oversped dapat menurunkan nilai jual mobil hingga 20% dan biayanya mahal.

Apa perlu mobil di paint protection?

Ya, karena tanpa perlindungan, cat mobil pasti akan mudah terjadi baret2 halus, swirl mark dan menjadi kusam karena kena ultra violet, panasnya cuaca dan polusi. Dengan Paint Protection, maka semua resiko di atas akan dihalangi untuk masuk ke cat mobil.

Apa Paint Protection itu?

Paint Protection adalah lapisan pelindung cat yang:

- mampu menahan masuknya kontaminasi yang membahayakan ke dalam cat
- mampu memberi kilap yang sebaiknya melebihi kilap standar cat mobil
- berharga relatif murah dibandingkan dengan biaya cat
- mudah dan beresiko rendah untuk di-aplikasi-kan
- mudah dibersihkan, dibuang dan tidak membahayakan cat mobil

PPS Teflon® Paint Protection dengan bahan PTFE (Teflon®) dengan US Patent dan ISO 9001:2000 dari Canada bertahan minimum 150 kali cuci tanpa penurunan kekilapan dengan garansi rawat & kilap 2 tahun (3x inspeksi) di Asia & Indonesia.

Untuk perawatan berkala, PPS juga menyediakan jasa PPS Car Spa yang mencakup glassing cat, interior cleaning & engine cleaning dengan biaya hanya 100 ribu


PPS Autoshine
- Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Samarinda, Denpasar, Malang
- http://www.ppsindo.com


PPS juga menyediakan:

- bekleed jok berbahan semi-leather (MB Tech, Estilo) dan leather asli (Abrosco, Danny Lo)
- karpet dasar peredam
- peredam panas kap mesin
- peredam suara
- kaca film (3M, Perfection, Huper Optik, Johnson dan V-Kool)
- HDX Xenon kit
- Anti karat semprot Rust Proof
- Anti karat elektrik Rust Evader

Tidak ada komentar: